Dasar Hukum:

  • Undang-undang Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan
  • Undang-undang Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana
  • Permenkes 75 tahun 2019 tentang Penanggulangan Krisis Kesehatan

Ulasan:

Permenkes 75 tahun 2019 tentang Penanggulangan Krisis Kesehatan memiliki tujuan untuk memberikan panduan kepada pelaku Penanggulangan Krisis Kesehatan di tingkat daerah dan pusat, agar terselenggara sistem Penanggulangan Krisis Kesehatan yang terkoordinasi, terencana, terpadu, dan menyeluruh guna memberikan perlindungan kepada masyarakat dari ancaman, risiko, dan dampak permasalahan kesehatan.

Permenkes 75 tahun 2019 tentang Penanggulangan Krisis Kesehatan juga menyinggung Promosi Kesehatan, juga membahas tentang Komunikasi Krisis Kesehatan yang efektif. Komunikasi Kesehatan yang efektif dimulai dengan memahami kondisi sosial budaya masyarakat, menyebarluaskan informasi ke masyarakat se luas- luasnya.

Pernyataan:

Dalam keadaan ini, kami Pemerintah Kota Tomohon, mengambil peran sesuai Tugas Pokok dan Fungsi dengan memberikan panduan kepada pelaku Penanggulangan Krisis Kesehatan, juga mendukung Promosi Kesehatan dan menggerakkan seluruh potensi, agar tercipta Komunikasi Krisis Kesehatan yang efektif dengan menyebarluaskan informasi tersebut kepada masyarakat se luas-luasnya.

Seluruh bentuk promosi, kampanye, himbauan dan bentuk sinergitas, kami upayakan semaksimal mungkin penyebarannya ke masyarakat, dengan tidak bermaksud untuk melanggar hak cipta dan hak intelektual seseorang atau institusi.

Mari kita sehati untuk bersama-sama melewati masa-masa sulit ini.

Semoga Tuhan melindungi kita sekalian.